Tips Menjadi Pengusaha Hebat Ala Chairul Tanjung

Gerobakunik.com – Gerobak Unik dan Booth Kayu Harga Murah di Bekasi Jakarta. Diantara 10 besar orang terkaya di Indonesia, anda akan melihat mayoritas adalah keturunan warga negara cina. Tapi, ada satu nama asli Indonesia yang masuk di jajaran papan atas daftar orang terkaya di Indonesia. Beliau dikenal dengan kisahnya yang ditulis dalam buku Si Anak Singkong. Bagaimana sebenarnya profil beliau ? apa saja tips dari beliau untuk menjadi pengusaha hebat ? cekidot

Chairul Tanjung. Nama ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Ya, beliau adalah salah satu pengusaha sukses kebanggaan Indonesia. Beberapa perusahaan besar dan terkenal yang beliau miliki saat ini diantaranya Bank Mega, Detikcom, TRANS TV, TRANS7, TRANS STUDIO (Bandung dan Makassar), BSM ( Bandung Super Mall), Carrefour, dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan lain yang berada di bawah pimpinannya.

Jiwa bisnis Chairul muncul saat ia kuliah di Universitas Indonesia. Tingginya biaya kuliah dan keadaan ekonomi orangtuanya yang kurang baik memicu munculnya jiwa bisnis di dalam diri Chairul Tanjung.

Untuk membiayai kuliahnya itu, maka ia berjualan buku kuliah stensilan dan kaos. Setelah modalnya cukup, Chairul lalu membuka usaha fotocopy di sekitar kampusnya. Usaha lain yang pernah dikelolanya saat masih kuliah juga adalah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Senen, Jakarta Pusat

Seperti para pebisnis sukses yang lain, beberapa bisnis yang dibuka oleh Chairul Tanjung juga tak luput dari keadaan yang buruk. Usaha yang jatuh bangun sudah sangat akrab dengan pria kelahiran 16 Juni 1962 ini. Keadaan itu sudah dialami Chairul sejak ditutupnya bisnis toko peralatan kedokterannya di Senen karena bangkrut.

Setelah itu, PT. Pariarti Shindutama yang dirintisnya bersama tiga temannya juga harus Chairul tinggalkan karena perbedaan visi. Namun kegagalan demi kegagalan yang dialami itu tidak lantas membuatnya patah arang. Jatuh bangun bisnisnya ini justru menjadikan dirinya semakin terpacu untuk sukses dan berkembang gerobak modern.

Gerobakunik.com – Gerobak Unik dan Booth Kayu Harga Murah di Bekasi Jakarta. Selepas dari PT. Pariarti Shindutama, Chairul memulai lagi bisnisnya sendiri dan mengarahkan fokusnya pada bisnis inti yaitu keuangan, properti dan multimedia. Langkah besar dimulainya saat ia mengakusisi Bank Karman menjadi Bank Mega. Inilah cikal bakal yang menjadikannya ia kaya raya dan menjadi orang terkaya.

Di bawah Para Group, Chairul memiliki Para Inti Holdindo yang membawahi beberapa subholding yaitu Para Inti Propertindo (properti), Para Global Investindo (bisnis keuangan), dan Para Inti Investindo (bidang media dan investasi).

Di bidang finansial ia memiliki Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega Tbk, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah dan Mega Finance. Para Group juga memiliki Trans TV, Trans7, Mahagagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio di bidang penyiaran dan multimedia.

Sedangkan di bidang properti dan investasi sendiri, Grup Para membawahi Para Bandung propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, Mega Indah Propertindo. Pada awal 2010, Para Group membeli 40 persen saham Carrefour yang ditandatangani di Perancis pada tanggal 12 Maret 2010. Pada tanggal 1 Desember 2011, Para Group diganti menjadi CT Corp oleh Chairul Tanjung gerobak modern.

Gerobakunik.com – Gerobak Unik dan Booth Kayu Harga Murah di Bekasi Jakarta. Pada tahun 2010 itu, Chairul Tanjung masuk menjadi salah satu orang terkaya di dunia asal Indonesia versi majalah Forbes. Pada tahun 2011, karena nilai kekayaannya yang mencapai 2,1 Milyar Dolas AS ini namanya dinobatkan Forbes di peringkat 11 orang terkaya di Indonesia. Kini, Chairul Tanjung dengan perusahaannya yang semakin melejit menempatkan dirinya di posisi 5 besar daftar orang terkaya di Indonesia.

Tips Wirausaha ala Chairul Tanjung

Chairul Tanjung pernah berbagi tips agar seseorang dapat sukses sebagai seorang pengusaha. Berikut ini 4 tipsnya:

 Sukses itu adalah hak setiap orang

Pandangan penulis finansialku.com terhadap statement tersebut adalah: Kesuksesan tidak hanya milik orang kaya, kesuksesan adalah milik orang yang mau berusaha untuk mendapatkannya. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki haknya untuk menjadi sukses, setelah orang tersebut menjalankan kewajibannya untuk menjadi pribadi yang sukses.

 Sukses itu adalah komitmen

Pandangan penulis finansialku.com terhadap statement tersebut adalah: penggunaan kata komitmen memberikan makna penegasan dan kesungguhan seseorang untuk melakukan suatu hal. Chairul Tanjung menyebutkan ada tiga komitmen yang harus dijalankan agar menjadi pribadi sukses yaitu komitmen untuk disiplin, belajar dan menjalankan rencana gerobak modern.

 Sukses adalah sebuah proses

Pandangan penulis finansialku.com terhadap statement tersebut adalah: kesuksesan tidak dapat dijadikan hanya dalam waktu semalam. Kesuksesan tidak berati kaya. Menjadi kaya bisa saja didapatkan dalam waktu semalam, contoh menang lotere (catatan: orang yang kaya karena lotere, umumnya tidak dapat mempertahankan kekayaannya dalam waktu yang lama). Kesuksesan didapatkan dengan menjalani proses, dimana dalam sebuah proses selalu ada kegagalan, keberhasilan dan kondisi stagnan. Jadi nikmatilah proses menuju kesuksesan.

Sukses adalah kebiasaan

Pandangan penulis finansialku.com terhadap statement tersebut adalah: Pernakah Anda mengamati penjual kain di toko kain atau penjual baju di department store? Mereka mampu menghitung diskon dalam waktu yang cepat, mereka mampu menghitung harga kain dalam waktu yang cepat. Relatif lebih cepat dibandingkan Kita menghitung. Kira-kira apa rahasianya? Ya benar mereka sudah hafal alias sudah terbiasa dengan angka-angka tersebut. Kesuksesan juga harus dibiasakan, seorang pebisnis sukses tidak takut bangkrut, karena mereka sudah terbiasa sukses dan mampu berdiri kembali jika suatu ketika mereka terjatuh.