4 Tips Berwirausaha Ala Sandiago Uno

sandiaga uno gerobak unik

Jasa Pembuatan dan Jual Gerobak Unik, Gerobak imut, atau Rombong. Kali ini kami akan membahas kisah sukses dan inspiratif. Beliau merupakan pemuda diantara sesepuh-sesepuh yang menjadi daftar orang terkaya di Indonesia. Simak bagaimana tips menjadi wirausaha yang sukses.

Sandiaga Uno. Pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini memulai kariernya menjadi seorang pegawai. Lulus dari Universitas Swasta Wichita (Wichita States University) dengan predikat summa cum laude, Sandiaga mengawali kariernya di Bank Summa pada tahun 1990. Lepas setahun, beliau mendapat beasiswa dari tempatnya bekerja untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Washington George dengan IPK 4,00. Sungguh prestasi yang sangat gemilang. Tahun 1993 belaiu bergabung di perusahaan Singapura kemudian pindah ke perusahaan asal Kanada. Seiring terjadinya krisis tahun 1997, perusahaan tempatnya bekerja bangkrut sehingga hal tersebut mengakibatkannya menjadi pengangguran. Selepas terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan tempatnya bekerja, beliau mengambil langkah selanjutnya dengan mencari dan mendaftar pekerjaan baru, akan tetapi hasilnya nihil, pasalnya usaha yang dilakukannya itu justru ditolak oleh 25 perusahaan.

Saat ini beliau menjabat sebagai CEO Saratoga Capital, pimpinan PT Adaro Energy Tbk, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, dan juga pendiri PT Recapital Advisor. Majalah Globe Asia edisi Agustus 2007 menobatkan Sandi S. Uno, sebagai orang terkaya di Indonesia No. 122 dengan perkiraan kekayaan sebesar Rp 744 Miliar. Sandiaga Uno memperoleh kekayaan sebesar itu melalui private equity firm yang didirikannya; yaitu Saratoga Capital yang didirikan pada tahun 1998 dengan partner utama Edwin Soeryadjaya dan Re-Capital yang didirikan pada tahun 1997 bersama sahabat lamanya Rosan Roslani.

Jasa Pembuatan dan Jual Gerobak Unik, Gerobak imut, atau Rombong.  Sandiaga Uno menyarankan para pebisnis Indonesia untuk tidak takut gagal dalam berbisnis. Menurutnya semakin cepat gagal, para pemula bisnis dapat semakin cepat berinovasi dan tumbuh.

“Orang Indonesia harus berani gagal. Karena semakin cepat gagal, semakin cepat dia akan menemukan inovasi baru untuk mengembangkan bisnisnya,” ujar Sandiaga  dalam acara APEC SMEE Summit 2013, Jimbaran, Bali, (5/10/2013).

Salah satu pria terkaya di Indonesia ini mengatakan, Indonesia tidak memiliki budaya `risk taking`, di mana masyarakatnya berani jatuh dan bangkrut saat berbisnis. Hal ini bisa dilihat dari pola pengasuhan orang tua sejak kecil.

“Lihat saja, Bayi Indonesia sama bayi di Barat beda. Kalau di sana bayinya mau belajar jalan dilepas saja. Tidak dijagain, jatuh juga tidak apa-apa. Tapi di Indonesia, kalau bayinya bergerak atau jalan sedikit, ibu, pengasuhnya, semuanya bantu dia untuk berdiri,” jelasnya.

Jasa Pembuatan dan Jual Gerobak Unik, Gerobak imut, atau Rombong. Menurut dia, budaya seperti ini melahirkan banyak generasi muda yang takut untuk mengambil risiko, khususnya untuk berbisnis. Kebanyakan para pengusaha baru di Indonesia takut mengalami kegagalan dan kebangkrutan.

“Gagal dalam berbisnis itu bagus. Lebih banyak inovasi nantinya,” ujar dia

4 Tips Sukses Berwirausaha Ala Sandiaga Uno

Kerja Keras

Disemua kesuksesan pasti ada benang merah kesuksesan. Tidak ada yang tiba-tiba saja bisa menjadi sukses. Jadi seorang wirausaha harus punya komitmen 100% untuk bekerja keras.

Kerja Cerdas

Think Outside the Box, seorang wirausaha harus bisa menggunakan segala akal, fikiran, dan data-data hasil research yang dipunyai untuk memulai dan membuat suatu solusi baru.

Kerja Tuntas

Finish what you started. Kalau memulai sesuatu harus selesaikan, harus dituntaskan. Jadi dibutuhkan fokus dan komitmen untuk tetap semngat sampai sesuatu hal itu tuntas. kalau melakukan sesuatu dengan setengah-setengah maka itu adalah kerja yg tidak efektif dan tidak akan menghasilkan kinerja yg baik.

Kerja Ikhlas

Semua harus dimulai dengan niat yang baik, dan akhirnya harus ada keikhlasan. Karena, apapun ikhtiar kita, bisa saja membuahkan hasil, namun bisa juga tertunda. Nah, disinilah kenapa dibutuhkan semangat keihlasan. Hal yang bisa kita kontrol adalah ikhtiar, namun banyak hal yang diluar kontrol kita yg bisa membuat suatu usaha yg kita jalani itu tidak membuahkan hasil seperti yg kita inginkan.