Tips Usaha Jus Buah Modal Gerobak

gerobak unik jus buah 08963061301

Peluang Usaha Jus Buah

Gerobak Jus – Jika kita berbicara peluang usaha jus buah terbilang potensial jika dijalankan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Khususnya di daerah perkotaan seperti jabodetabek yang terkenal panas baik waktu siang maupun malam hari.  Tentu bukan hanya ibu kota yang memiliki potensi bisnis jus buah, daerah lain (termasuk tempat anda tinggal) juga bisa menjadi tempat usaha yang menjanjikan. Selain faktor iklim tropis, ada perubahan alam semisal global warming yang membuat udara semakin panas.

Dengan biaya / modal usaha yang tidak terlalu besar dan cara membuat minuman jus yang terbilang mudah, anda tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis ini. Dalam menjalankan bisnis jus buah, faktor unik baik dari segi produk yang dijual, kemasan sampai nama-nama setiap jus bisa menjadi faktor pendorong kesuksesan. Hal ini berkaitan dengan promosi langsung maupun tidak langsung melalui keunikan produk minuman jus yang anda jual.

Ini merupakan kesempatan bagi sahabat yang ingin mencoba peruntungan di bidang usaha jus buah ini, bisnis yang simple ini dan tidak perlu modal besar ini sekarng banyak diminati dan dirilik oleh setiap orang, mungkin bisnis yang menjanjikan biasanya harga yang ditawarkan bervariasi mulai 5rb-10rb , harga yang sangat terjangkau oleh semua kalangan sehingga prospek pasarnya sangat bagus sekali.

Demi melancarkan usaha ini perlu sahabat memperhatikan beberapa langkah-langkah atau hal penting supaya usahanya ini bisa berjalan dengan mulus dan mendapatkan profite yang lumayan untuk menunjang masa depan karena gerai usaha jus buah-buahan termasuk peluang bisnis modal kecil dengan keuntungan lumayan besar. Usaha ini bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan maupun utama serta sangat gampang dalam menjalankannya. Modal usaha untuk menjalankan usaha jus buah-buahan adalah gelas, gerobak, meja, kursi, gelas plastik kemasan, mesin blender, tutup gelas, mesin cup sealer, dan lain-lain.

Sementara itu, jam buka usaha jus buah yang tepat bisa dimulai pada waktu siang hari atau pada saat udara sedang panas. Biasanya pada waktu cuaca panas orang yang terdiri dari segala kalangan umur akan datang berduyun-duyun ke gerai usaha jus buah untuk menikmati dinginnya minuman jus buah segar dan nikmat.

Untuk memulai menjual jus segar, anda bisa bergabung dengan pedagang yang menjual kuliner hangat seperti bakso, mie ayam dan sebagainya. Atau membuat gerobak sederhana untuk berjualan keliling kemudian mangkal di sebelah warung, toko atau ruko.

Tips Usaha Jus Buah

Berikut merupakan tips dari gerobak unik agar usaha gerobak jus kamu bisa lancar

1. Rasa

Buatlah jus buah yang sangat enak dan lezat berbeda dengan para pesaing. Hal ini akan membuat konsumen loyal yang kelak menjadi pelanggan tetap. Oleh sebab itu, sebelum membuka usaha jus buah yang segar hendaknya sobat mempelajari cara atau resep membuat jus buah-buahan yang enak dan lezat yang bisa dipelajari di internet, majalah dan buku kuliner. Lakukan eksperimen dan ujicoba hingga berhasil.

2. Lokasi usaha.

Ini adalah hal yang paling krusial saat Anda membuka bisni minuman jus. Karena lokasi usaha juga berarti tempat para konsumen potensial berkumpul. Jadi pilihlah lokasi dimana Anda bisa menemukan konsumen Anda dengan mudah. Meski usaha Anda hanya bisnis minuman jus biasa dengan aneka buah, Anda tetap bisa memikat konsumen bila Anda memilih lokasi dengan tepat. Pilihlah lokasi usaha yang strategis. Misalnya di pinggir jalan raya yang ramai dan mudah dijangkau, di sekitar tempat berkumpulnya orang-orang yang berpotensial untuk membeli, di dekat kampus, sekitar sekolah, mall, taman kota atau alun-alun kota, sekitar tempat lapangan olahraga, tempat rekreasi, pertokoan, wilayah kost-kosan, terminal, dekat perumahan padat penduduk dll. Dengan memiliki lokasi usaha jus buah yang strategis dan tepat maka sudah bisa dipastikan bisnis minuman anda akan menguntungkan. Untuk mendapatkan lokasi usaha yang strategis tersebut bisa dilakukan dengan dua cara yakni menyewa tempat usaha ataupun berjualan secara kaki lima di pinggir jalan yang ramai memakai gerobak.

3. Inovasi.

Pasti sudah banyak penjaja jus di pelosok kota Anda, iya kan? Anda harus hadir dengan suatu yang unik. Itu adalah sesuatu yang mutlak. sesuatu yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan inovasi rasa. Ada sangat banyak ide segar dalam inovasi rasa, mulai dari ramuan jus aneka buah, jus smoothies, jus yoghurt dan masih banyak lagi. Tampil dengan inovasi rasa akan membuat Anda berbeda dan menjadi ciri dari produk Anda. Jadi Anda harus maksimalUsaha jus buah memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Di satu wilayah mungkin ada beberapa competitor. Oleh sebab itu, usaha jus buah yang anda miliki harus unik dan berbeda dengan para pesaing.

4.Kebersihan.

Booth yang bersih merupakan hal penting untuk bisnis minuman jus, termasuk semua peralatan mulai dari mesin blender, pisau, sendok hingga air yang Anda gunakan. Pilihlah air mineral bermerek untuk meyakinkan pembeli akan kualitas air Anda. Siapkan tong sampah tapi jangan sampai menyebarkan bau tidak sedap di booth Anda. Siapkan juga air bersih yang mengalir agar bisa membersihkan semua peralatan Anda dengan sempurna. Semua ini termasuk  Konsep Inti Pemasaran yang Harus Anda Perhatikan

5. Bahan baku berkualitas baik.

Siapa yang mau beli jus Anda bila buah di etalase Anda tidak segar dan mulai membusuk? Lakukan survey demi menemukan buah terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang masuk akal. Bila perlu, siapkan kulkas kecil untuk menjaga buah tetap segar lebih lama. Cuci buah dengan air bersih upaya buah tampil bersih dihadapan konsumen, karena buah yang tampak kotor tentu saja bikin konsumen ilfeel.  Jangan pernah anda menjual jus  buah dengan bahan baku buah-buahan yang buruk atau sudah tidak segar. Hal ini akan membuat rasa jus buah tidak enak dan hambar. Yang berakibat konsumen akan kapok datang kembali ke tempat gerai usaha sobat.  Oleh sebab itu pastikan dan pantau terus, buah-buahan yang di jus atau dipajang di etalase dalam keadaan bersih, segar dan berkualitas baik. Sehingga menarik minat beli para konsumen. Caranya dengan membelinya langsung dari pasar tradisional atau para petani. Selain itu, agar buah-buahan tetap segar dan tahan lama bisa menyimpan di dalam lemari pendingin atau kulkas. Buah-buahan yang sudah buruk agar segera disingkirkan atau dibuang.

6. Jenis buah-buahan yang lengkap.

Seringkali penulis menjumpai sebuah gerai usaha jus buah yang kurang komplit dalam menyajikan menu buah-buahan. Hal ini tentu mengecewakan konsumen. Oleh karenanya untuk memanjakan konsumen pastikan usaha jus buah yang anda miliki mempunyai jenis buah-buahan yang sangat lengkap. Segala jenis buah-buahan ada di sini. Tentu hal ini akan membedakan dari para pesaing. Dan konsumen lebih memilih membeli jus buah dari gerai usaha yang sangat komplit dengan aneka buah dibandingkan dengan yang tidak lengkap. Setuju?

7. Mesin blender memiliki kualitas yang baik.

kunci dalam bisnis minuman jus adalah mesin blender. Jangan pakai mesin blender sembarangan. Pilihlah yang memiliki kemampuan mesin dengan putaran cepat, daya tahan kerja lebih lama dan tentu saja kapasitas yang lebih banyak. Dengan kecepatan mesin blender yang lebih tinggi akan membuat campuran susu dan buah atau yoghurt dan buah lebih smoothies serta bisa menghancurkan es batu hingga menjadi serbuk. Selain itu, mesin blender untuk bisnis minuman jus juga akan bekerja lebih lama, bahkan nonstop. Dan kalau bisa, beli lebih dari satu agar Anda bisa lebih cepat dalam melayani

8. Kemasan yang menarik.

Seiring dengan kemajuan teknologi pengemasan jus buah maka bisa menggunakan mesin kemas press atau mesin cup sealer yang praktis dan serba guna. Dalam kemasan gelas plastik bening itu cantumkan pula identitas usaha jus buah unik sobat. Hal ini untuk membedakan dengan pesaing.

9. Meja dan kursi yang mencukupi.

Seringkali konsumen harus menunggu untuk mendapatkan jus yang diinginkannya. Oleh sebab itu, sobat perlu menyediakan beberapa buah kursi dan meja untuk konsumen gunakan dalam menunggu selama minuman jus buah-buahan yang segar sedang diproses.

10. Promosi usaha.

Cara selanjutnya adalah melakukan promosi usaha yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan yang banyak atau meledakkan penjualan jus buah. Tips promosi usaha jus buah-buahan yang segar dan unik yang bisa sobat lakukan, antara lain : membuat spanduk besar, membuat brosur yang isinya tentang bisnis jus buah sobat disertai manfaat jus dan menu-menu jus buah dll. Kemudian menyebarkannya di sekitar lokasi usaha.

Demikianlah tips dari gerobak unik semoga usaha jus kamu semakin sukses ya.