Manfaat Gerobak di Era Modern

Gerobak atau pedati atau kereta adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi. Gerobak dapat ditarik oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing, zebu atau dapat pula ditarik oleh manusia. Kereta (Inggris: wagon) adalah sejenis gerobak dengan empat buah roda untuk transportasi yang lebih berat ditarik oleh sedikitnya dua kuda. Lalu apa sih manfaat gerobak di era modern ini? Berikut ulasan tentang manfaat gerobak di era modern :

Pada era 1990-an, gerobak sapi sebagai transportasi barang sempat punah karena tergeser kendaraan bermotor seperti mobil. Namun beberapa tahun belakangan kembali muncul. Transportasi alternatif ini kini dipilih karena memiliki manfaat lebih banyak.

Maryono, pemilik gerobak sapi asal Prambanan, Sleman mengungkapkan, sejak berpuluh tahun silam, keluarganya tidak pernah meniadakan gerobak sapi. Gerobak sapi, menurut dia, memiliki banyak manfaat. Fungsi utama sapi digunakan untuk membajak sawah, kotoran sapi untuk pupuk. Gerobak sapi sendiri digunakan untuk angkutan barang yang tidak mencemari lingkungan.

“Gerobak sapi kan enggak seperti mobil mencemari lingkungan, olinya juga merusak tanah kalau sepeda motor,” lanjut Maryono.

Itu pula kenapa, ia masih setia menggunakan gerobak sapi dan tidak tergoda membeli mobil seperti pick up hanya untuk angkutan barang. Selain itu, tambah pemilih gerobak lain, Wiyono, harga purna jual sapi selalu lebih mahal ketimbang sepeda motor.

“Kalau mobil kan makin lama murah dan jadi rosok. Tapi kalau sapi enggak,” imbuhnya.

Menurut dia gerobak sapi kini semakin populer berkat event gerobak sapi yang terus bermunculan. Kegiatan seperti itu dianggap menjadi pendorong bagi warga untuk terus menjaga tradisi gerobak sapi di Jogja.

Di Bantul, kegiatan bertema gerobak sapi juga diadakan di arena stadion Sultan Agung Bantul Minggu (8/6/2014). Sebanyak 97 gerobak sapi dari berbagai wilayah DIY serta Jawa Tengah ikut memeriahkan acara.

Ketua Panitia Acara Gerobak Sapi, Latif Munir mengatakan, seluruh gerobak sapi mendapat nomor undian dan berhak diundi untuk mendapatkan door prize. Hadiah door prize berupa ternak seperti kambing, bebek dan ayam. Ada sebanyak 34 pasang ternak yang diperebutkan.

Kegiatan gerobak sapi tersebut, menurut dia, merupakan kali pertama digelar di Bantul. Kegiatan itu sebagai upaya memelihara budaya dan tradisi gerobak sapi di kalangan masyarakat. Ini sekaligus menjadi objek wisata di Jogja.
“Selama ini kan yang selalu ada di Sleman, sekarang di Bantul. Ini demi nguri-uri budaya,” kata Latif Munir.

Tidak hanya gerobak sapi, gerobak makanan pun manfaatnya luar biasa. Gerobak makanan yang digunakan para pedagang kali lima (PKL) untuk berjualan selama ini terkesan lusuh, dibuat apa adanya, dan jauh dari sentuhan tangan kreatif. Bukan hanya dari segi tampilan, dari sego desain ataupun struktur gerobak juga kurang memperhatikan kebesihan lingkungan dari debu jalanan. Karena itu pula pemerintah daerah kerap mengusir para PKL karena dinilai mengotori tata keindahan kota.

Padahal, gerobak tak ubahnya layaknya media iklan yang dapat dioptimalkan sebagai penyampai pesan tentang keunggulan produk yang dijualnya. Gerobak makanan juga bisa dibuat dengan desain lebih menarik dan fungsional, terutama untuk melindungi makanan yang dijualnya dari

Gerobak makanan yang digunakan para pedagang kali lima (PKL) untuk berjualan selama ini terkesan lusuh, dibuat apa adanya, dan jauh dari sentuhan tangan kreatif. Bukan hanya dari segi tampilan, dari sego desain ataupun struktur gerobak juga kurang memperhatikan kebesihan lingkungan dari debu jalanan. Karena itu pula pemerintah daerah kerap mengusir para PKL karena dinilai mengotori tata keindahan kota.

Padahal, gerobak tak ubahnya layaknya media iklan yang dapat dioptimalkan sebagai penyampai pesan tentang keunggulan produk yang dijualnya. Gerobak makanan juga bisa dibuat dengan desain lebih menarik dan fungsional, terutama untuk melindungi makanan yang dijualnya dari debu atau lalat yang banyak berkeliaran.

Seiring perkembangan dunia periklanan, gerobak makanan juga merupakan bagian penting yang bisa dioptimalkan fungsinya. Jika anda memperhatikan, maka gerobak-gerobak yang menjual makanan di pinggir jalan saat ini tampil lebih atraktif dengan desain yang lebih menarik dan lebih mengutamakan kesehatan, serta tampilan yang penuh warna dan menyolok.

gerobak modern

Perkembangan dan perubahan penampilan gerobak makanan yang lebih menarik tersebut terutama terlihat saat trend waralaba mulai merebak di tanah air. Konsep bisnis franchise yang didominasi jenis makanan yang begitu murah dengan system yang sudah berjalan menjadi pendorong munculnya gerobak-gerobak di pinggir jalan atau di pusat keramaian yang menawarkan produk makanan waralaba.

Ternyata banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya gerobak grafis tersebut, diantaranya:

Untuk menaikkan citra dan brand image dari produk yang dijualnya.

Untuk memperindah penampilan dan mengundang konsumen untuk membeli.

Untuk memperkuat promosi di tengah persaingan bisnis yang ada di sekitarnya serta ramainya lalu lintas kendaraan di jalan raya. Ibarat pengeras suara, maka dengan tampilan gerobak yang unik, menarik, dan penuh warna akan memperkuat teriakan tentang keberadaan anda di lokasi itu.

Desain grafis yang pemilihan warna yang mencolok berfungsi sebagai eye cathing agar bisnis anda cepat dikenali dan diketahui masyarakat banyak.

Saat ini tak sedikit jasa pembuatan gerobak makanan yang menyediakan layanan dengan mengutamakan desain yang menarik dan atraktif. Dengan biaya yang tak jauh berbeda dengan permbuatan gerobak makanan biasa, gerobak grafis tentunya jauh lebih bermanfaat terutama dalam memperkuat brand bisnis yang anda jalankan.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat gerobak di era modern, jika anda ingin berwirausaha coba gunakan jasa gerobak